Berikut adalah cuplikan dari ceramah KH Ma’ruf Amin saat mengisi acara Seminar Allisya Circle di Kuningan City Jakarta tanggal 8 Juni 2017. Ketua MUI ini mengatakan bahwa asuransi syariah itu halal dan produk asuransi Allianz Syariah merupakan bagian dari produk yang halal.

…. Syariah ini didasarkan pada fatwa Dewan Syariah Nasional. Saya ini merangkap ketua MUI, ketua Dewan Syariah Nasional, yang melahirkan fatwa-fatwa itu. Jadi kalau masalah syariah itu ada fatwanya dari Dewan Syariah Nasional. Jadi kalau ada yang mengatakan bahwa produk-produk syariah, asuransi, perbankan, itu tidak syariah, orang itu tidak paham fatwa yang ada.

Karena itu tentu saya ingin mengatakan bahwa produk asuransi Allianz Syariah bagian dari produk yang halal.

Memang di dalam syariah itu ada yang cara berpikirnya itu tekstualis, harus berdasarkan nash. Kalau tidak ada nashnya, itu dianggap tidak syariah. Namanya tekstualis, artinya dia itu statis pada teks-teks saja. Ada juga yang liberalis, memberikan penafsiran syariah secara berlebihan.

Kita menggunakan pandangan yang moderat. Jadi kalau misalnya tidak ada dalil tapi itu dibutuhkan, maka kita pendekatannya dilarang atau tidak. Ada larangan atau tidak. Nah ketika tidak ada larangan dan tidak nabrak prinsip yang dilarang, yaitu tidak ada riba, tidak ada penipuan (gharar), tidak ada gambling (maysir), nah itu menjadi halal.

Selengkapnya mengenai fatwa-fatwa MUI tentang asuransi syariah, dapat dipelajari di “Fatwa MUI tentang Asuransi Syariah”.

Mengenai produk asuransi syariah yang tersedia di Allianz, seluruhnya ada lima, yaitu:

  1. Allisya Protection Plus (asuransi jiwa syariah jenis unit link dengan premi berkala, dilengkapi asuransi tambahan untuk rawat inap, penyakit kritis, kecelakaan, cacat tetap total, dan pembebasan premi)
  2. Allisya Maxi Fund Plus (asuransi jiwa syariah jenis unit link dengan premi tunggal)
  3. Allisya Aman (asuransi jiwa syariah jenis tradisional whole-life, memberikan perlindungan dari penyakit kritis dan meninggal dunia)
  4. Allisya Care (asuransi kesehatan syariah inner limit, memberikan manfaat rawat inap)
  5. Allisya Care Premier Plus (asuransi kesehatan syariah sesuai tagihan, memberikan manfaat rawat inap)

Klik pada nama produk untuk informasi lebih lengkap. []

Untuk konsultasi tentang asuransi atau bisnis asuransi di Allianz, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Business Partner Allianz)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asepsopyan.asn@gmail.com | Youtube: Asep Sopyan

Leave a Reply