allisya protection plus

Per tanggal 14 Maret 2023, produk unit link Allisya Protection Plus (APP) ditutup untuk selamanya. Sebagai gantinya, Allianz mengeluarkan produk Allisya Protection Life (APL). Perubahan ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan baru dalam SE OJK No 5 Tahun 2022 mengenai PAYDI (Produk Asuransi Yang Dikaitkan dengan Investasi).

Apa perbedaan produk unit link yang baru dengan yang lama?

Asuransi Dasar

Asuransi Dasar pada produk APL terdiri dari manfaat meninggal sebesar 100% UP (ditambah nilai investasi pada saat itu) dan tambahan manfaat meninggal atau cacat tetap karena kecelakaan sebesar 25 juta. Sedangkan Asuransi Dasar pada produk APP hanya berupa manfaat meninggal dunia sebesar 100% UP (ditambah nilai investasi pada saat itu).

Kemudian minimum UP Asuransi Dasar pada APL adalah 100 juta atau 5 kali premi disetahunkan, mana yang lebih tinggi. Sedangkan minimum UP Asuransi Dasar pada APP adalah 20 juta, tanpa melihat besaran premi.

Biaya asuransi (cost of insurance) dari Asuransi Dasar juga ada perbedaan. Pada APL, rate biaya asuransi dasar lebih tinggi untuk UP di bawah 1M dan lebih rendah untuk UP 1M ke atas, dan makin tinggi UP makin rendah rate-nya. Pada APP, rate biaya asuransi sama saja antara UP yang tinggi dan UP yang rendah.

Biaya Akuisisi dan Alokasi Investasi

Biaya akuisisi APL dikenakan pada 6 tahun pertama dengan total 180%, sedangkan APP 5 tahun pertama dengan total 145%. Perincian biaya akuisisi dan alokasi investasi kedua produk dapat dilihat pada tabel berikut:

biaya akuisisi apl

Harga Unit

Harga unit pada APL menerapkan sistem satu harga, sedangkan pada APP menerapkan sistem dua harga. Dua harga artinya ada perbedaan antara harga beli (buy price) dengan harga jual (sell price). Selisihnya pada APP sebesar 5%.

Itulah sebabnya alokasi investasi pada APP di tahun keenam dan seterusnya ditambah menjadi 105,26%, di mana selisih 5,26% itu adalah untuk menutupi selisih harga jual beli unit.

Pada APL, alokasi investasi tahun ketujuh dan seterusnya 100%.

Biaya Top Up

Pada APL, dikenakan biaya top up sebesar 5%, berlaku untuk top up berkala maupun top up tunggal.

Pada APP, tidak ada biaya top up karena sudah ada selisih harga unit 5%. Jadi sebenarnya sama saja.

Biaya Penarikan Dana dan Penebusan Polis

Pada APL, ada biaya penarikan dana dan penebusan jika usia polis belum melewati 4 tahun. Perinciannya sbb:

biaya penarikan dana spl

Pada APP, tidak ada biaya penarikan dana dan penebusan polis.

Biaya Administrasi

Biaya administrasi pada APL adalah 30 ribu per bulan, namun bisa menjadi 10 ribu per bulan jika nasabah memilih polis elektronik, korespondensi melalui email, dan cara pembayaran premi autodebet tabungan atau kartu kredit.

Sedangkan biaya administrasi pada APP adalah 27.500 per bulan, berlaku untuk semua cara pembayaran, korespondensi, dan jenis polis yang dipilih.

Subdana Investasi

Subdana atau fund investasi yang ada pada APL sama dengan APP, yaitu 3 subdana. Namun pada unit link baru, istilah syariah harus disebutkan secara jelas.

subdana APP

Ilustrasi Investasi

Pada APL, ilustrasi proyeksi nilai investasi menggunakan asumsi negatif, nol, dan positif. Sedangkan pada APP semuanya positif.

Sesuai arahan dari OJK, hal ini untuk menunjukkan bahwa yang namanya investasi itu tidak selamanya untung.

ilustrasi investasi apl

Selain itu, pada APL ada syarat kecukupan nilai investasi harus mencapai minimal 20 tahun pada asumsi investasi positif rendah agar ilustrasi bisa dibuat. Pada produk APP tidak ada syarat ini.

Bonus Persistensi

Ini salah satu keunggulan APL dibanding APP. APL memberikan bonus persistensi sebesar 15% dari premi dasar berkala tahun pertama. Bonus persistensi dibayarkan pada akhir tahun polis ke-10, ke-15, ke-20, ke-25, dan ke-30 berupa penambahan unit investasi. Total bonus persistensi 75% dari premi dasar berkala tahun pertama.

Bonus persistensi diberikan dengan ketentuan sbb:

  1. Polis tidak pernah lapse (batal)
  2. Premi selalu dibayar tepat waktu
  3. Tidak pernah menarik dana investasi premi berkala sampai tahun keempat
  4. Tidak pernah melakukan penurunan premi dasar berkala

APP tidak memberikan bonus persistensi.

Jadwal Pemotongan Biaya Asuransi dan Administrasi Tahun Pertama

Pada APL, biaya asuransi dan administrasi tahun pertama langsung dipotong di tahun pertama. Jadi tidak ada biaya asuransi dan administrasi yang terutang. Hal ini dimungkinkan karena alokasi investasi APL di tahun pertama sudah mencapai 60%.

Pada APP, biaya asuransi dan administrasi tahun pertama belum dipotong di tahun pertama, tapi baru dipotong di tahun kedua sebesar 50% dan di tahun ketiga 50%. Jadi jika polis belum berusia tiga tahun, ada biaya asuransi dan administrasi yang masih terutang dari tahun pertama.

Proses Pengajuan Polis

Pada APL, ada kewajiban untuk merekam pernyataan pemahaman dan persetujuan pemegang polis mengenai sejumlah ketentuan. Pada APP, pernyataan pemahaman dan persetujuan cukup ditandatangani oleh pemegang polis. Hal ini membuat proses pendaftaran APL harus dilakukan di tempat yang kondusif (tidak bising, tanpa interupsi, dan waktu mencukupi).

Demikian perbedaan antara Allisya Protection Life dengan Allisya Protection Account Plus.

Kesamaan

Di luar perbedaan-perbedaan tsb, kedua produk ini memiliki banyak kesamaan.

  • Jenis dan jumlah Rider (asuransi tambahan) sama.
  • Biaya asuransi Rider sama.
  • Ada opsi fitur Fasilitas Polis Tetap Berlaku.
  • Ada opsi fitur Polis Tanpa Masa Tunggu.
  • Ketentuan underwriting, cara klaim, dan lain-lainnya sama.

Demikian. Untuk informasi lebih lengkap tentang produk Smartlink Protection Life bisa dibaca di SINI. []




 

Leave a Reply