sistem bisnis allianz

Sistem bisnis atau marketing plan menunjukkan jenjang karier, komisi, dan potensi penghasilan yang mungkin diraih oleh agen.

Kerja yang sama bisa memberikan hasil yang berbeda, tergantung sistem bisnisnya.

Sistem bisnis ASN (Allianz Star Network) dirancang untuk memberikan hasil yang sebesar-besarnya bagi agen dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, dibanding sistem yang selama ini dipakai di perusahaan asuransi lain.

Sistem bisnis ASN berjalan dengan prinsip SPEED (Simple, Practical, Easy, Effective, Duplicable). Sederhana, praktis, mudah, efektif, dan mudah diduplikasi.

Dengan sistem bisnis seperti ini, banyak agen Allianz mencapai penghasilan miliaran per bulan dan miliaran per tahun (lihat Daftar MDIT Allianz 2022).

Bagan Sistem Bisnis ASN

Sistem bisnis ASN dapat diringkas dalam bagan berikut.

Sistem bisnis Allianz

Penjelasan
  • Jenjang karier di ASN hanya 2 level, yaitu BE (Business Executive) dan BP (Business Partner)
  • Syarat promosi dari BE ke BP ada dua cara, yaitu produksi pribadi 300 juta, atau produksi pribadi 300 juta ditambah merekrut 2 agen yang masing-masing berproduksi minimal 50 juta, dan persistensi minimal 80%.
  • Setelah jadi BP, ada syarat mempertahankan posisi BP yaitu produksi unit minimal 300 juta dan persistensi minimal 80%. Produksi unit adalah gabungan dari penjualan pribadi BP dengan produksi BE-BE yang ada di dalam timnya.
  • Seorang BP dapat merekrut agen, mendidik mereka menjadi BP, dan dengan demikian membangun grup keagenan. Semakin besar grup dan omset, semakin besar penghasilan yang didapatkan.
  • Komisi di ASN ada tiga jenis, yaitu Komisi Dasar (diperoleh dari penjualan pribadi), Overriding (diperoleh karena posisi sebagai BP), dan Generation Overriding atau Royalti (diperoleh dari omset grup BP hingga kedalaman 8 generasi). Mengenai besarannya tidak bisa saya sampaikan di sini.
  • Selain komisi, agen juga dapat memperoleh bonus antara lain trip gratis ke luar negeri setiap tahun, penghargaan (MDRT, MDIT, dll), dan nama dimuat di koran.
  • Produk yang diperhitungkan dalam sistem bisnis Allianz adalah produk asuransi jiwa (Smartlink Flexi Account Plus, Allisya Protection Plus, Allianz Pasti, dan Allisya Aman). Sedangkan produk-produk asuransi kesehatan murni hanya diperhitungkan dalam kontes trip ke luar negeri dan penghargaan MDRT.
Sistem One Allianz

Allianz Indonesia adalah perusahaan asuransi yang terdiri dari dua perusahaan, yaitu Allianz Life Indonesia (asuransi jiwa) dan Allianz Utama Indonesia (asuransi umum).

Sistem bisnis di atas berlaku untuk Allianz Life Indonesia. Namun sejak tahun 2020, Allianz Utama pun menerapkan sistem bisnis jaringan dengan struktur mengikuti jaringan yang sudah terbentuk di Allianz Life.

Agen Allianz Life dapat menjadi agen Allianz Utama dengan menambah lisensi AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia), dan memperoleh overriding jika agen-agen di bawah grupnya pun menjadi agen Allianz Utama.

Produk-produk Allianz Utama meliputi asuransi properti, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan, dan banyak lagi, diperhitungkan dalam kontes trip.

Demikian. []

Tertarik menjadi agen asuransi Allianz? Klik di SINI.

 

Untuk konsultasi tentang asuransi Allianz, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (MDRT Allianz Indonesia)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asepsopyan.asn@gmail.com | Youtube: Asep Sopyan