allianz pasti vs allisya aman

Allianz Life Indonesia memiliki dua produk asuransi jiwa tradisional, yaitu Allianz Pasti dan Allisya Aman. Allianz Pasti merupakan versi konvensional, sedangkan Allisya Aman versi syariah. Keduanya memiliki manfaat asuransi yang sama, yaitu perlindungan dari risiko kematian dan penyakit kritis. Ada juga manfaat akhir kontrak jika tertanggung masih hidup sampai akhir masa pertanggungan.

Apa perbedaan keduanya?

  1. Pada Allianz Pasti, manfaat kematian akibat kecelakaan maksimal 4x UP, pada Allisya Aman maksimal 5x UP. Seperti diketahui, Allianz Pasti dan Allisya Aman sama-sama memberikan manfaat meninggal karena kecelakaan sebesar 300% UP dan meninggal dunia karena kecelakaan di transportasi umum sebesar 400% UP. Namun Allisya Aman menambahkan manfaat meninggal dunia karena kecelakaan saat melaksanakan ibadah haji/umrah sebesar 500% UP.
  2. Pada Allianz Pasti ada rider Payor CI77 (pembebasan premi jika terkena penyakit kritis), pada Allisya Aman tidak tersedia.
  3. Pada Allianz Pasti, manfaat asuransi tidak ditambahkan nilai tunai, pada Allisya Aman, manfaat asuransi ditambah potensi nilai tunai yang terbentuk.
  4. Pada Allianz Pasti, nilai tunainya dijamin, pada Allisya Aman tidak dijamin. Produk syariah tidak boleh menyebut kata “dijamin” karena jatuhnya jadi bunga (riba). Meskipun demikian, nilai tunai yang sebenarnya kurang-lebih akan mendekati yang digambarkan dalam ilustrasi, karena baik produk konvensional maupun syariah sama-sama menyalurkan dananya pada instrumen investasi rendah risiko (sebagian besar pada pasar uang/deposito dan surat utang/sukuk). Namun tetap saja, ada risiko yang ditanggung oleh nasabah.
  5. Secara umum, produk Allisya Aman lebih rumit karena ada sejumlah ketentuan syariah yang harus dipatuhi, antara lain mengenai transparansi biaya. Sedangkan pada Allianz Pasti lebih sederhana: yang penting nasabah membayar sesuai kontrak, maka perusahaan asuransi pun menjamin sesuai kontrak, termasuk nilai tunainya. Allianz Pasti lebih sesuai dengan pengertian asuransi tradisional yang sebenarnya, sedangkan Allisya Aman masih mengandung risiko (walaupun kecil) yang mana hal ini mirip karakteristik unitlink.

Demikian. []

Brosur Allianz Pasti Brosur Allisya Aman


 

Untuk konsultasi tentang asuransi Allianz, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Agen Allianz, MDRT)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asepsopyan.asn@gmail.com | Youtube: Asep Sopyan

Leave a Reply

%d bloggers like this: