Menjalani bisnis asuransi, atau dengan kata lain, menjadi agen asuransi, semakin tampak sebagai pekerjaan impian bagi banyak orang yang telah mengenalnya.

Agen asuransi mendapatkan penghasilan dari komisi penjualan produk. Agen asuransi juga dapat merekrut agen dan berpeluang mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar.

Biasanya, hanya asuransi jiwa yang bisa dibuat dalam skema bisnis jaringan. Tapi di Allianz, dengan sistem One Allianz, agen juga bisa menjalankan bisnis jaringan di produk asuransi umum.

Kelebihan Menjadi Agen Asuransi

  1. Waktu kerja fleksibel (tidak terikat jam kerja)
  2. Tidak harus ngantor. Kerja bisa di mana saja.
  3. Penghasilan yang berulang (repeat income) dan terus meningkat seiring meningkatnya omset penjualan
  4. Banyak penghargaan dan hadiah bagi agen yang memenuhi target, antara lain trip gratis ke luar negeri.
  5. Dapat merekrut agen dan mendapatkan penghasilan pasif dari produksi tim

[collapse]
Yang Harus Diperhatikan

Selain kelebihan di atas, perlu disadari bahwa profesi agen asuransi juga memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Tidak ada gaji tetap. Penghasilan didapatkan sepenuhnya dari penjualan, berupa komisi dan bonus.
  • Tidak ada tunjangan seperti asuransi kesehatan dan pensiun. Tunjangan disiapkan sendiri.
  • Tidak mengenal masa pensiun. Profesi dapat dijalankan hingga seumur hidup selama masih produktif, tapi dapat juga berhenti kapan saja di tengah jalan.
  • Modal awal dan operasional (biaya ujian, gawai, transportasi, komunikasi, entertaining cost) seluruhnya ditanggung sendiri.

[collapse]
Sistem Bisnis Allianz

Sistem bisnis Allianz secara ringkas dapat dipelajari pada bagan berikut:

Sistem bisnis Allianz

Keterangan:

  • Jenjang karier di ASN hanya 2 level, yaitu BE (Business Executive) dan BP (Business Partner)
  • Syarat promosi dari BE ke BP ada dua cara, yaitu produksi pribadi 300 juta, atau produksi pribadi 300 juta ditambah merekrut 2 agen yang masing-masing berproduksi minimal 50 juta, dan persistensi minimal 80%.
  • Setelah jadi BP, ada syarat mempertahankan posisi BP yaitu produksi unit minimal 300 juta dan persistensi minimal 80%. Produksi unit adalah gabungan dari penjualan pribadi BP dengan produksi BE-BE yang ada di dalam timnya.
  • Seorang BP dapat merekrut agen, mendidik mereka menjadi BP, dan dengan demikian membangun grup keagenan. Semakin besar grup dan omset, semakin besar penghasilan yang didapatkan.
  • Komisi di ASN ada tiga jenis, yaitu Komisi Dasar (diperoleh dari penjualan pribadi), Overriding (diperoleh karena posisi sebagai BP), dan Generation Overriding atau Royalti (diperoleh dari omset grup BP hingga kedalaman 8 generasi). Mengenai besarannya tidak bisa saya sampaikan di sini.
  • Selain komisi, agen juga dapat memperoleh bonus antara lain trip gratis ke luar negeri setiap tahun, penghargaan (MDRT, MDIT, dll), dan nama dimuat di koran.
  • Produk yang diperhitungkan dalam sistem bisnis Allianz adalah produk asuransi jiwa (Smartlink Flexi Account Plus, Allisya Protection Plus, Allianz Pasti, dan Allisya Aman). Sedangkan produk-produk asuransi kesehatan murni hanya diperhitungkan dalam kontes trip ke luar negeri dan penghargaan MDRT.
  • Bagi agen yang tergabung dalam One Allianz (agen Allianz Life sekaligus agen Allianz Utama), berpeluang juga mendapatkan overriding dari timnya yang menjual produk-produk Allianz Utama (khususnya untuk produk asuransi kendaraan, asuransi properti, dan asuransi kecelakaan diri).

[collapse]
Modal Awal Menjadi Agen Asuransi Allianz

1. Biaya ujian lisensi 

Untuk calon agen baru, biaya ujian terdiri dari ujian AAJI (asuransi jiwa) sebesar 225.000 dan ujian AASI (asuransi syariah) 128.000. Total 353.000. Boleh ambil sekaligus keduanya atau AAJI saja dulu.

Bagi yang ingin mendaftar sebagai agen asuransi umum, dikenakan biaya 300 ribu, dengan masa berlaku lisensi 3 tahun.

Untuk calon agen yang sebelumnya pernah menjadi agen asuransi, biaya ujian bisa berbeda, tergantung apakah harus ujian awal lagi atau perpanjangan. Silakan konsultasikan dengan calon leader anda untuk mengecek status keagenan anda.

2. Tablet iPad 

Program aplikasi untuk membuat proposal produk asuransi jiwa dan kesehatan di Allianz Life Indonesia hanya bisa dijalankan melalui perangkat iPad (tablet merek Apple). Jadi, anda harus punya iPad. Boleh iPad baru atau bekas, yang penting masih mendukung sistem operasi (iOS) terbaru. Harga iPad terbaru yang paling murah sekitar 6 jutaan.

Sedangkan program aplikasi untuk produk asuransi umum dapat dilakukan di laptop, tablet, ataupun HP (web based).

Selain dua modal di atas, sebagai tenaga penjual sudah tentu seorang agen diharapkan sudah punya kendaraan sendiri (boleh motor atau mobil), alat komunikasi (ponsel pintar), dan sedikit banyak paham menggunakan internet (tidak gaptek).

[collapse]
Tips Sukses Menjadi Agen Asuransi

  1. Alokasikan waktu dan pikiran anda untuk mempelajari dan memahami bisnis ini
  2. Ikuti pertemuan rutin dengan grup leader (minimal 1 minggu sekali)
  3. Jangan sungkan-sungkan untuk sering bertanya apa pun terkait bisnis ini kepada upline anda
  4. Segera membuat daftar nama prospek sebanyak mungkin, dan mulai menghubungi mereka satu per satu.
  5. Jika anda akan memanfaatkan media sosial, mulailah dan rutinkan membuat konten seputar asuransi di laman medsos anda, sekaligus belajar.

[collapse]
Cara Menjadi Agen Asuransi Allianz

Menjadi agen asuransi di Allianz hanya bisa melalui agen yang sudah ada. Jadi, pilihlah agen (leader) yang anda rasa mampu membimbing anda dalam menjalani bisnis sebagai agen asuransi.

Anda dapat menjadi agen asuransi jiwa saja (Allianz Life Indonesia) dan dapat pula sekaligus menjadi agen asuransi umum (Allianz Utama Indonesia). Tapi yang pertama, anda harus mendaftar sebagai agen asuransi jiwa.

Cara Menjadi Agen Asuransi Jiwa Allianz
  1. Mengisi formulir keagenan asuransi jiwa.
  2. Mempersiapkan dokumen wajib: KTP, buku tabungan, NPWP, pasfoto, foto selfie dengan KTP (semua dalam bentuk file JPEG).
  3. Membayar biaya ujian lisensi AAJI 225 ribu dan AASI 128 ribu (total 353 ribu). Untuk calon yang sebelumnya pernah menjadi agen asuransi, biaya lisensi akan berbeda. Biaya ditransfer ke rekening Allianz.
  4. Mendaftar di aplikasi AAJI Mobile Exam lalu kirimkan tangkapan layar hasil pendaftaran ke leader untuk disertakan dalam berkas pendaftaran lainnya.
  5. Mengikuti ujian lisensi AAJI melalui aplikasi AAJI Mobile Exam (di HP), dan juga ujian AASI (jika mengambil lisensinya, ujian di HP juga).
  6. Mengikuti Basic Training Program (BTP), pelatihan wajib untuk agen asuransi baru di Allianz. Training dilaksanakan secara virtual (melalui aplikasi zoom atau sejenisnya).
Cara Menjadi Agen Asuransi Umum Allianz
  1. Mengisi formulir aplikasi keagenan asuransi umum.
  2. Mempersiapkan dokumen wajib: KTP, buku tabungan, NPWP, pasfoto, (semua dalam bentuk file JPEG).
  3. Membayar biaya ujian lisensi AAUI 300 ribu.
  4. Mengikuti ujian lisensi AAUI (di HP)

Catatan:

  • Data calon agen dapat diisi pada form di bawah artikel ini.
  • Materi belajar ujian AAJI bisa diakses di SINI.
  • Materi belajar ujian AASI bisa diakses di SINI.
  • Materi belajar ujian AAUI bisa diakses di SINI.

[collapse]
Form Pendaftaran Agen Allianz

Jika anda tertarik menjalani bisnis sebagai agen asuransi di Allianz melalui jaringan saya (Asep Sopyan), silakan mengisi form berikut:


[collapse]

Dapatkan produk-produk asuransi dari Allianz, baik asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi properti, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, asuransi kumpulan, dan lain-lain di blog asuransibiru.com


 

Untuk konsultasi tentang bisnis asuransi di Allianz, silakan menghubungi saya:

Asep Sopyan (Agen Allianz, MDRT)

HP/WA: 082-111-650-732 | Email: asepsopyan.asn@gmail.com | Youtube: Asep Sopyan