asuransi perjalanan ke thailand

Syarat Masuk ke Thailand

Akhir-akhir ini banyak orang menanyakan asuransi perjalanan ke Thailand. Awalnya saya heran, rupanya Thailand menerapkan kebijakan wajib asuransi bagi para pelancong dari luar negeri yang berkunjung ke sana.

Asuransi yang dipersyaratkan untuk masuk Thailand harus menanggung biaya medis minimal 10 ribu USD (sekitar 145 juta Rupiah), dan asuransi tsb harus menanggung pula sakit karena Covid-19.

Polis asuransi ini harus dilampirkan pada saat pengajuan Thai Pass (izin untuk masuk Thailand) di website resmi http://tp.consular.go.th.

Untuk diketahui, pada saat pengajuan Thai Pass, pelancong non warga Thailand harus melampirkan dokumen sbb:

  1. Paspor yang masih berlaku
  2. Visa (jika diperlukan)
  3. Sertifikat vaksin dosis pertama dan kedua, atau hasil tes RT-PCR negatif maks 3×24 jam sebelum kedatangan
  4. Polis asuransi yang menanggung biaya medis (termasuk karena Covid-19) minimal 10 ribu USD.

Asuransi Perjalanan Travel Pro Allianz

Allianz memiliki produk asuransi perjalanan yang memenuhi persyaratan tersebut, yaitu Travel Pro.

Travel Pro terdiri dari dua plan, yaitu Superior dan Deluxe. Perbedaan keduanya terletak pada limit pertanggungan. Plan Superior memberikan limit pertanggungan untuk biaya medis sebesar Rp 700 juta untuk penyakit dan kecelakaan secara umum, dan Rp 350 juta jika disebabkan Covid-19. Sedangkan plan Deluxe memberikan limit biaya medis yang jauh lebih besar, yaitu 2,8 miliar untuk penyakit dan kecelakaan secara umum, serta 1 miliar jika disebabkan Covid-19. Perbedaan untuk manfaat-manfaat lainnya berkisar antara 2-3 kali lipat.

Meskipun demikian, premi plan Superior dan plan Deluxe bedanya sedikit saja. Sebagai contoh, untuk perjalanan satu orang selama 4 hari ke Thailand, preminya 104 ribu untuk plan Superior dan 122 ribu untuk plan Deluxe. Untuk perjalanan 5-6 hari, plan Superior preminya 140 ribu dan plan Deluxe 160 ribu. Dan seterusnya, perbedaan premi kedua plan ini hanya sekitar 10% saja.

Jika anda membeli asuransi perjalanan sekadar sebagai syarat, plan Superior cukup. Tapi jika anda ingin sekaligus mendapatkan manfaat perlindungan yang maksimal, plan Deluxe lebih baik.

Selengkapnya manfaat Travel Pro bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

tabel manfaat travel pro

Ada pun preminya tergantung durasi perjalanan, kategori peserta (apakah individual, pasangan, atau keluarga), usia peserta (69 tahun ke bawah atau 70 tahun ke atas), dan plan yang diambil (Superior atau Deluxe).

Untuk menghitung premi, silakan mengisi formulir berikut. Jika setuju, bisa lanjut daftar. Terima kasih.


Untuk konsultasi tentang asuransi perjalanan dari Allianz, silakan menghubungi saya. Bisa dibantu juga cara untuk mendaftar Thai Pass-nya.

Asep Sopyan (Agen Allianz, MDRT)

HP/WA: 082 111 650 732 | Email: asepsopyan.asn@gmail.com | Youtube: Asep Sopyan

Leave a Reply