tanya jawab travel pro

Berikut ini adalah sejumlah pertanyaan yang sering ditanyakan dan perlu diketahui oleh para nasabah maupun calon nasabah asuransi perjalanan Travel Pro Allianz.

Berapa lama proses pengajuan asuransi perjalanan Travel Pro?

Sekitar 5 menit begitu data anda diinput oleh kami, anda akan menerima covernote yang berisi informasi pembayaran pembayaran. Polis langsung jadi begitu anda membayar premi (realtime). Polis berbentuk file PDF, dikirim ke email anda.

[collapse]
Apakah Travel Pro bisa dibeli di Hari-H keberangkatan dan apakah polisnya langsung aktif?

Bisa, dan polis langsung aktif begitu pembayaran diterima oleh Allianz, selama pembayaran dilakukan sebelum pesawatnya terbang. 

[collapse]
Apakah polis Travel Pro tersedia dalam bahasa Inggris?

Polis tersedia dalam dua bahasa: Indonesia dan Inggris.

[collapse]
Pembayaran premi Travel Pro ditujukan ke rekening bank apa dan atas nama siapa?

Pembayaran premi Travel Pro ditujukan ke Virtual Account BCA dengan atas nama: Allianz Utama-Nama Anda. Jadi tidak akan salah transfer.

Jika anda pengguna BCA atau BCA Digital (Blu), anda dapat menggunakan menu Virtual Account. Jika anda pengguna bank selain BCA, maka menggunakan menu transfer antarbank. Pilih Online Transfer, jangan BI Fast.

Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai cara: ATM, mobile banking, maupun internet banking.

Pembayaran premi juga dapat dilakukan melalui Tokopedia, dengan menu: Top-Up & Tagihan – Premi Asuransi – Allianz Utama – Masukkan nomor Nota Penawaran Akhir (15 digit) – Cek Tagihan – Konfirmasi data menampilkan nama, jumlah tagihan, nomor polis, produk, dan periode. Pastikan data sesuai. Lalu Pilih Pembayaran. Jangan lupa kode promonya jika ada.

[collapse]
Apakah premi bisa dibayar menggunakan kartu kredit?

Bisa. Caranya dengan mengisi surat kuasa pendebetan kartu kredit. Hubungi WA 082111650732 untuk mendapatkan formnya dan dibantu pengajuan pembayarannya ke Allianz.

[collapse]
Saya mau ke Italia tapi pesawatnya transit dulu di Dubai. Apakah harus membeli wilayah perlindungan Worldwide atau cukup Pacific & Schengen?

Cukup Pacific & Schengen. Apa yang terjadi di dalam wilayah bandara Dubai tetap ditanggung, selama anda tidak keluar dari bandara (misalnya jalan-jalan di kota Dubai).

[collapse]
Untuk polis Duo atau Couple, apakah harus pasangan suami-istri?

Tidak harus pasangan suami-istri. Yang penting dua orang dengan tujuan dan jadwal perjalanan yang sama, dan pesawat pun harus sama (baik untuk keberangkatan maupun kepulangan).

Dua orang itu boleh 2 dewasa, atau 2 anak, atau 1 dewasa dan 1 anak, boleh sama atau beda jenis kelamin.

[collapse]
Untuk polis Family, apakah harus memiliki hubungan keluarga?

Polis Family berarti pasangan suami istri ditambah minimal 1 anak dan maksimal 6 anak. Jadi harus ada hubungan keluarga.

[collapse]
Apakah Travel Pro menanggung Covid-19?

Ya, Travel Pro menanggung Covid-19, baik untuk biaya medis maupun gangguan perjalanan. Penjelasan terkait hal ini dapat dibaca di artikel: “Apakah Travel Pro Allianz Menanggung Covid-19?

[collapse]
Jika perjalanan saya batal karena pengajuan visa ditolak, apakah polis Travel Pro bisa dibatalkan dan preminya dikembalikan?

Ya, bisa, dengan melampirkan surat penolakan visa dari kedutaan. Permintaan pembatalan harus dilakukan paling lambat 1 hari kerja (H-1) sebelum keberangkatan.

Untuk Annual Travel Pro, pembatalan dapat dilakukan di tengah periode asuransi tanpa alasan apa pun, dan premi akan dikembalikan secara pro-rata.

[collapse]
Jika di negara tujuan saya ingin memperpanjang durasi perjalanan, apakah bisa?

Bisa. Caranya dengan mengirim email ke travel@allianz.co.id, dengan melampirkan sertifikat polis. Pengajuan penambahan durasi (extend) dilakukan paling lambat 1 hari sebelum periode polis berakhir.

[collapse]
Apakah nilai pertanggungan Travel Pro cukup untuk menjadi syarat pembuatan visa Schengen ke Eropa?

Cukup. Visa Schengen mensyaratkan asuransi perjalanan yang menanggung biaya medis dengan nilai minimal 30 ribu Euro atau setara 480 juta. Travel Pro plan Superior menanggung hingga 700 juta (setengahnya atau 350 juta untuk Covid-19) dan plan Deluxe menanggung hingga 2,8 miliar (setengahnya untuk Covid-19).

Kedua plan (Superior dan Deluxe) telah disetujui oleh Uni Eropa sebagai syarat pengajuan visa Schengen.

Untuk lansia (70-84 tahun), hanya plan Deluxe yang memenuhi syarat karena manfaat biaya medisnya setengah dari angka yang tertera di tabel manfaat.

[collapse]
Dokumen apa yang perlu saya lampirkan untuk keperluan pembuatan visa atau pass ke negara lain?

Anda bisa melampirkan file “Policy Schedule – nomor polis” dalam format PDF yang dikirim ke email anda. Jika dibutuhkan dalam bentuk gambar (JPG, PNG), anda bisa men-screenshot pada halaman Sertifikat Polis dan Tabel Manfaat.

[collapse]
Bagaimana cara klaim?

Pelaporan klaim dapat dilakukan melalui telepon, email, atau portal klaim di web Allianz Indonesia.

– Telepon: 1500136 (dari Indonesia) atau +65 6535 5833 (dari luar negeri).

– Email: travelclaim@allianz.co.id

– Portal klaim di web Allianz: https://www.allianz.co.id/layanan/klaim/klaim-asuransi-perjalanan/submit-klaim-asuransi-perjalanan.html

Selanjutnya kelengkapan dokumen klaim (formulir klaim dan dokumen pendukung) dikirim ke kantor pusat Allianz Indonesia paling lambat 90 hari setelah kejadian.

Selengkapnya dapat dibaca di SINI

[collapse]
Apakah kontak darurat +65 6535 5833 di Singapura menyediakan layanan dalam bahasa Indonesia?

Ya, menyediakan. 

[collapse]

  • Jika ada pertanyaan yang belum dirangkum pada daftar di atas, silakan tulis di kolom komentar. 
  • Jika ingin langsung mendaftar Travel Pro, silakan isi form di bawah atau chat via WA 082111650732.


Leave a Reply

%d bloggers like this: