freelook period

Freelook period atau cooling-off period atau masa peninjauan polis adalah waktu yang diberikan kepada nasabah (pemegang polis) untuk mempelajari isi polis setelah menerima buku polis. Freelook period pada umumnya adalah 14 hari dari tanggal polis diterima. Jika nasabah mendapati ada syarat dan ketentuan yang tidak dia setujui, atau dia menyesal karena membeli asuransi tidak sesuai kebutuhan, dia bisa membatalkan polis dengan cara mengembalikan buku polis ke perusahaan asuransi dan premi akan dikembalikan sepenuhnya, dikurangi biaya pemeriksaan kesehatan dan biaya lainnya (jika ada).

Jika freelook period telah terlewati, pemegang polis dianggap telah menyetujui isi polis sepenuhnya. Jika dia masih bermaksud membatalkan polis setelah itu, premi tidak akan dikembalikan, atau jika pun ada pengembalian premi, nilainya akan tergantung pada ketentuan produk asuransi yang diambil.

Pembatalan polis di masa freelook tidak perlu terjadi jika nasabah memahami ketentuan polis sebelum memutuskan membeli. Agen sebaiknya menjelaskan program yang ditawarkan secara lengkap sampai nasabah memahami dengan baik dan setuju untuk mengambilnya.

Cara Mengajukan Freelook Period

Bagi nasabah yang tetap memutuskan untuk membatalkan polis di masa freelook, berikut caranya:

  • Membuat surat pembatalan polis (contoh surat di bawah)
  • Kirim ke kantor perusahaan asuransi dengan lampiran buku polis, fotokopi KTP, dan buku tabungan.
  • Pantau progresnya lewat CS atau tanya ke agen.

Contoh surat pembatalan polis di masa Freelook Period.

contoh surat freelook

Agen turut mengetahui tidak wajib. Anda dapat langsung mengirimkan surat freelook ke perusahaan asuransi tanpa melalui agen.

Alamat kantor Allianz Pusat:

Individual Life Claim
No polis: (tuliskan no polis)
Allianz Document Management Center Jakarta
Gedung Setiabudi Atrium lantai 3 # 308 – 309
Jl. HR Rasuna Said Kav. 62 Jakarta Selatan 12920
Telp. 021-2926 8888
Bagi anda yang hendak membatalkan polis setelah freelook period terlewati, anda bisa menutup polis dengan cara seperti diterangkan di SINI. []

Pengumuman:

Per 21 Juni 2023, saya tidak lagi menjadi agen asuransi jiwa di Allianz Life Indonesia. Per 22 Juli 2023, saya pindah ke Asuransi Hijau. Tapi saya tetap jadi agen asuransi umum di Allianz Utama Indonesia. Terima kasih. (Asep Sopyan)

Leave a Reply